Minggu, 09 Mei 2010

Perbedaan FM Stereo dan AM Stereo (CQUAM)

Pemancar FM Stereo :
Power 1000 w – Jarak 20 km – 25 km
Power 2500 w - Jarak 40 km

Pemancar AM-PDM/Digital Stereo C-QUAM
Power 1000 w - Day 50 km Night 300 km
Power 2500 w - Day 100 km Night 500 km

Perbedaan FM (Frequency Modulasi ) dengan AM (Amplitudo Modulasi) adalah sifat gelombang yang
Dipancarkannya. Kalau FM Line Of Sight (LOS) sedang AM :

1 Ground wave
2. Sky Wave

Pada Siang hari /Day dan malam /Night di FM tidak ada perubahan kalau di AM : Siang/Day sifat nya cenderung ke Ground Wave, sedangkan Sky Wave sangat tidak dominan karena lapisan Ionosfir terkena sinar matahari. Kalau malam hari/Night :kekuatan Ground Wave dan Sky Wave berimbang hingga jaraknya bisa jauh juga dikarenakan malam hari tidak ada sinar matahari.

Kualitas Stereo di FM dan AM hampir sama karena AM Stereo system pemodulasiannya menggunakan system Digital, karena tidak ada system lain. Keuntungan dari AM Stereo jarak yang terjauh pun masih bisa di dengarkan. Pada signal yang sama kuat antara FM Stereo dan AM Stereo lebih bersih di AM Stereo karena nada Treble nya tidak di pengaruhi oleh pilot 19KHz seperti pada FM Stereo. Kenapa , karena AM Stereo tidak menggunakan Pilot 19 KHz tetapi menggunakan Pilot Tone 25 Hz, sehingga tidak menimbulkan noise ( Karena noise ditimbulkan mulai 10 KHz)

Perlu diketahui bahwa FM Stereo ditemukan pada tahun 1958, sedangkan AM Stereo CQUAM -
( Compatible Quadrature Amplitude Modulation) di temukan pada tahun 1977.
Sehingga sampai sekarang system Demodulasi pada penerima FM Stereo yang digunakan ini adalah
System analog balance demodulator , sedangkan pada AM Stereo adalah menggunakan system Sophisticated FM Synchronous Demodulation ( System Demodulasi FM yang canggih).

Karena perbedaan tehnologi yang 20 th antara FM Stereo dan AM Stereo, system AM Stereo lebih Komplex , maka Perangkat Pemancar dan Penerima AM Stereo lebih mahal dari pada FM Stereo, tetapi jangan kuatir kita mempunyai solusi yang lebih murah dan berkualitas baik di Pemancar dan penerima.

RECEIVER FM Stereo & AM Stereo CQUAM

Untuk Reciver FM Stereo dan AM Stereo CQUAM di pasaran yang ada harga masih sangat mahal ( antara 1,6 jt – 2 jt) untuk ini kami mempunyai solusi yang tepat, kami memproduksi receiver ini dengan harga yang sangat terjangkau untuk masyarakat, Receiver FM Stereo & AM Stereo CQUAM dengan LCD dan remote dengan merk HIDAKA. kami lempar di pasaran mulai dengan harga
Rp 250.000 – Rp 350.000.suatu harga yang sangat fantastis. Mengenai pembuatan receiver Fm Strereo & AM Stereo CQUAM ini kami sangat banyak di bantu MOTOROLA , USA dan beberapa vendor di Asia. Sebagai narasumber dan informasi secara global terutama dengan terselesainya proyek kami membuat Receiver FM Stereo & AM Stereo CQUAM ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar